Home Motivasi Yakinlah! Tak Selamanya Ilmu Diraih Dengan Kecerdasan 

Yakinlah! Tak Selamanya Ilmu Diraih Dengan Kecerdasan 

458
0
SHARE

Yakinlah! Tak Selamanya Ilmu Diraih Dengan Kecerdasan 

Oleh : Muhammad Ikbal
Memiliki kecerdasan adalah satu anugerah dan
Salah satunya kiat untuk meraih keberhasilan dalam menuntut ilmu adalah adanya dzakaun (kecerdasan).
Kecerdasan, selain datang dari faktor nasab (keturunan) bisa juga diraih dengan jalan iktisab(berusaha). Namun, sayangnya, kita tidak bisa mengolah kecerdasan yang sudah ada menjadi sebuah karya, sebagai buah dari manisnya ilmu.
Terkadang, bagi kita kecerdasan itu bisa juga menjadi alat untuk takabur dan menyombongkan diri, jika tidak di ikat dengan sifat rendah diri, maka banyak kita lihat di sekeliling kita, banyak dari mereka yang dulunya pintar namun akhirnya menjadi hina dan bodoh bahkan keberadaannya dianggap tidak ada dalam masyarakat.
Sekalipun sekarang ini kita masih dalam keadaan jahil, lambat dalam memahami suatu ilmu, maka bersabarlah ikhwan! kamu bisa meraih kecerdasan dari pintu lain, bukankah pepatah mengatakan ” Banyak jalan menuju Roma”. Kecerdasan juga bisa diraih dengan cara lain, apa kiatnya?
 Guru kami, Abu H Ibrahim Bardan (abu panton labu) Allahumma ighfi lahu menyimpulkan, kesuksesan atau keberhasilan dalam menuntut ilmu bisa dicapai dengan kecerdasan hanya 25%, petunjuk guru 25% dan hidayah 50%. Sudah jelaskan, darimana saja keberhasilan ilmu diraih, maka jangan pernah berkecil hati dengan potensi dirimu, sering sering lah mengasah bakatmu, kunjungi gurumu, bertanya lah pada mereka, mintalah petunjuk mereka, dan jangan lah pernah melupakan tuhanmu, pintalah apa yang ingin kau pinta, sampaikan semua hajatmu, tadahkan tanganmu dengan penuh kerendahan, dalam kehinaanmu di keheningan malam kau sujud padaNya, seraya berdoa Istajib, du’a ana ya Allah.
Negeri singgahan raja, 14 Shafar 1439 H

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here