Home Dunia Islam Ini Cara Rasulullah Menyusun Taktik dan Strategi Perang

Ini Cara Rasulullah Menyusun Taktik dan Strategi Perang

1182
0
SHARE
kriziaci3
kammiibnuhayyan.wordpress.com

Nabi Muhammad SAW di zamannya adalah panglima perang yang tagguh dan berani. Dalam sejarah Islam, sekian banyak perang terjadi dan Nabi memimpin langsung sebagai panglima perang.

Namun penting dicatat bahwa Nabi Muhammad tidak pernah memulai peperangan. Beliau tidak pernah berniat menyakiti siapa pun. Nabi senantiasa mengingatkan agar umat manusia memilih Tuhan Yang Maha Esa, menikmati kedamaian dan kesejahteraan di bawah hukum dan petunjung Sang Pencipta.
Namun sejarah mencatat kaum kafir memilih cara-cara agresif untuk menghancurkan keyakinan dan kehidupan Muhammad dan umatnya. Muhammad senantiasa ingin melindungi keyakinannya dari serangan orang-orang kafir. Inilah tujuan utama strategi perang Muhammad yang disarikan dari Ensiklopedi Muhammad: Muhammad Sebagai Pemimpin Militer.

1. Berdamai

Nabi Muhammad berusaha sebaik mungkin memilih jalan damai. Dia bisa melakukannya melalui jalur diplomasi, adu argumentasi, tukar pikiran dan selalu mengimbau umatnya untuk selalu berpikir positif kepada kaum Quraisy, Yahudi dan suku-suku lainnya. Beliau hanya mengajak mereka menyembah dan menaati Allah demi kebaikan bersama.

Baca Juga:   Heboh Wahabi (kini muncul lagi), Semua Dicap Wahabi

2. Mobilisasi

Ketika semua jalur damai kandas dan musuh-musuhnya mulai melakukan operasi militer, Nabi pun memobilisasi seluruh kekuatan sumber daya, baik kekuatan pasukan, kematangan strategi perang maupun dukungan logistik. Tujuannya untuk menggagalkan serangan militer musuh.

Aksi tersebut dilakukan dengan tetap memerhatikan strategi agar jumlah korban yang jatuh di kedua belah pihak dapt ditekan seminimal mungkin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here