Home Heboh Terkuak ! Ternyata Ini 11 Bumbu Yang Menjadi Resep Rahasia KFC selama...

Terkuak ! Ternyata Ini 11 Bumbu Yang Menjadi Resep Rahasia KFC selama Ini

355
0
SHARE
Resep KFC Terbongkar
Sumber: https://news.idntimes.com/world/erwanto/inikah-resep-tidak-rahasia-lagi-dari-ayam-goreng-kfc

Ayam KFC yang selama ini hampir menjadi kesukaan bagi banyak orang tersebut, memang menjadi solusi ketika lapar. Siapa sih yang gak kenal dengan makanan super enak dan kreyes-kreyes ini. Sajian yang cepat serta harga yang lumayan murah, menjadi satu pertimbangan bagi banyak orang. Namun kadang-kadang terbesit dalam hati kita, apa sih resep dari KFC yang super renyah ini?

Resep makanan terkenal adalah rahasia yang harus dijaga baik-baik. Salah satu resep paling terkenal dan paling dijaga kerahasiannya adalah resep ayam goreng KFC, dikenal dengan nama Original Recipe.

Bagi juru masak, resep andalan akan selalu dijaga mati-matian layaknya guru Kungfu menjaga jurusnya. ayam goreng Kentucky Fried Chicken (KFC) adalah salah satunya. Bagi banyak orang, KFC sudah bersinonim dengan ayam goreng.

Pendirinya adalah Harland Sanders, yang kerap dipanggil Kolonel Sanders karena sempat mengabdi pada militer Amerika Serikat. Setelah berhenti secara hormat di militer, Sanders menjajal banyak pekerjaan. Mulai dari pandai besi hingga pemadam kebakaran.

Baca Juga:   Punya Teman Yang Berlagak Sok Tahu? Begini Cara Menghadapinya

Meski sudah menjadi restoran besar dengan puluhan ribu cabang, ada satu hal yang tak berubah: resep rahasia ayam goreng mereka tetap jadi rahasia. Sanders menulis resep itu dengan tulisan tangan. Dulu resep itu disimpannya di dompet.

Suatu hari, Sanders meminta sekretarisnya untuk mengopi kertas resep yang kondisinya digambarkan “kecil dan lumayan lecek.” Saat kopian itu jadi, aku tahu kalau itu adalah resep legendaris KFC. Aku deg-degan dan lekas menyerahkannya pada Kolonel. Aku berkata, ‘Kolonel, kamu tak bisa jalan-jalan dengan resep ini,'” kata Shirley Topmiller, sang sekretaris.

Sekarang resep di selembar kertas itu tersimpan di brankas seberat 350 kilogram di dalam ruangan dengan beton setebal dua kaki, diawasi oleh kamera pengawas dan pendeteksi gerakan. Hanya segelintir orang yang tahu resepnya, itu pun namanya tidak disebutkan. Bahkan para jajaran direktur pun tak tahu.

Para orang yang mengetahui resep ini disumpah tidak akan membocorkan rahasia resep. Kalau melanggar, mereka akan dituntut dengan pasal pelanggaran trade secret.

Baca Juga:   Ramai, Gerakan Mari Berbelanja di Warung Muslim

Namun, awal pekan ini, media sosial dibuar riuh usai secarik kertas yang bertuliskan kumpulan bumbu ‘mencurigakan’ yang membuat orang-orang pada heboh untuk mempraktekannya. Seorang pria bernama Joe Ledington, mengaku memiliki 11 bumbu rahasia yang digunakan oleh Harland David Sanders (akrab dipanggil Colonel Sanders), pendiri restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC).

Tak hanya itu, Leddington pun membeberkannya ke publik.
Dilansir dari Mirror.co.uk, Senin 29 Agustus 2016, Leddington ini mendapatkan resep ini dari bibinya yang merupakan istri kedua Sanders. Resep rahasia ini terselip dalam scrapbook milik bibi Leddington.

“ Sebelas herbal dan rempah ini sangat rahasia,” kata dia kepada Chicago Tribune.

Leddington mengatakan, tulisan resep makanan yang ditulis tangan ini mengatakan bumbu rahasia ini adalah campuran tepung terigu dengan garam, thyme, daun basil, daun oregano, lada hitam, lada putih, jahe, paprika, celery salt, garlic salt, dan mustrard kering.

Berikut ini adalah rincian campuran 11 bumbu rahasia ayam KFC.

Resep KFC Terbongkar
Sumber: https://news.idntimes.com/world/erwanto/inikah-resep-tidak-rahasia-lagi-dari-ayam-goreng-kfc

2/3 sendok makan (sdm) garam
1/2 sdm thyme
1/2 sdm daun basil
1/3 sdm oregano
1 sdm celery salt
2 sdm garlic salt
1 sdm lada hitam
1 sdm mustard kering
4 sdm paprika
1 sdm jahe
3 sdm lada putih.

Baca Juga:   Polisi Bongkar Prostitusi Online di Wilayah Hukum Banda Aceh

Sebelas bumbu rahasia ini dicampur dengan 2 cangkir tepung terigu.
“ Saya menyebutnya bumbu rahasia. Tak ada yang tahu pada tahun 1950 apa itu lada putih dan cara menggunakannya,” kata dia.

Anehnya, Leddington pun membuat suatu pernyataan yang mengejutkan. Dia menyebut tak pernah memperlihatkan resep rahasia itu kepada Chicago Tribune.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here