Home Opini Ramalan Kiamat Menurut Agama Islam

Ramalan Kiamat Menurut Agama Islam

SHARE

Dunia sekarang dihebohkan dengan sebuah ramalan tentang kiamat yang muncul dalam bentuk video Armageddon news di YouTube. Ramalan ini memprediksikan akan terjadi kiamat pada rabu depan tgl 29 juli 2016.

Video yang berdurasi 17 menit ini memaparkan kehancuran bumi persis dgn film 2012 (kiamat) yang juga sempat membuat heboh dunia beberapa tahun yg lalu.

Namun penyebab kiamat ini dikaitkan dengan berbaliknya kutub magnet bumi dan kemunculan Yesus Kristus.

Apapun tujuan yang diinginkan oleh End Times Prophecies selaku pembuat video tersebut kita tidak bisa menjustice karena tidak ada data yang kuat.

Yang bisa kita katakana cuma menerka-nerka, Boleh jadi tujuan mereka utk menangkal aqidah umat Islam, membuat rasa pesimis dalam hati manusia atau mengadu domba umat Islam. emangnya kita domba apa?.

Bukan tujuan mereka yang penting utk kita ketahui karena mereka Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kita hingga kita mengikuti agama mereka (al-baqarah 120). Yang ingin saya ketengahkan di sini adalah bagaimana pandangan Islam terhadap ramalan kiamat ini?

Ada beberapa argument tentang pendangan Islam terhadap ramalan kiamat yg menurut saya penting utk diutarakan:

Baca Juga:   Belajar dari Keberagaman

1. Islam mengajarkan bahwa kiamat tersebut merupakan hak prerogatif Allah. Allah saja yang maha mengetahui kapan kiamat itu akan terjadi ini sesuai dgn surat (QS AL-A’raaf :187) dan (Q.S an-Najm : 57-58). Maka dari itu saya agak sedikit kecewa ketika khutbah jumat atau khutbah lainnya sering saya dapatkan banyak tgk2 kita yang terjebak dengan definisi akhir jaman.

Dalam khutbahnya mereka menyebutkan kita sekarang berada di ujung akhir zaman dan ulama2 tinggal beberapa orang lagi. Ini membuat kita terkurung dalam menutup jalan utk lahir ulama2 Baru, Padahal banyak Teman2 saya yg telah menyumbang waktunya dan biaya yg banyak utk menimba ilmu di s3 di dalam dan luar negeri serta di dayah2.

Saya yakin dari mereka akan ada yang menjadi next ulama di masa depan….saya yakin ulama akan terus hidup karena mereka pewaris nabi, tergantung kita mau sebut ulama atau bukan.

So jgn ragu dan bimbang terus lah semangat utk ibadah, berkerja, belajar, dll karena kiamat ada di tangan Allah bukan di ramalan manusia.

2. Islam merupakan agama satu-satunya yg mengajarkan rasa optimis bagi umatnya. Dalam Al-Quran Allah berfirman“Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir.”(Q.S. Yusuf : 87).

Baca Juga:   Penjara dan Hukum Tuhan

Ayat ini mengajarkan bahwa umat Islam wajib selalu optimis. Klw ramalan kiamat ini membuat umat Islam menjadi pesimis utk menjalankan hidup atau menyakininya maka di akhir ayat ini disebut mereka termasuk golongan orang2 yang kafir.

3. Islam juga telah mengajarkan adanya tanda-tanda kiamat di dalam al-Quran dan hadist. Dalam al-quran tentang kiamat telah disebutkan dalam surat al-Qari’ah, Al-Zalzalah, Al–Infitar , At–Takwir , dan ayat2 lainnya.

Sedangkan dalam hadist juga bayk meyebutkan perihal tanda2 kiamat salah satunya hadist yg diriwayatkan oleh Muslim. Bahwa Nabi Muhammad SAW bertanya pada para sahabat: “Apa yang sedang kalian perbincangkan? Para sahabat menjawab : Kami sedang membicarakan hari kiamat.

Kemudian Nabi bersabda : Kiamat tidak akan terjadi sebelum kelihatan 10 macam tanda :(1) Ad-Dukhon, asap atau kabut(2) Dajjal(3) Dabbaah(4) Matahari terbit dari barat(5) Turunnya Isa al masih (6) Ya’juj Ma’juj (7) Gerhana di timur(8) Gerhana di barat (9) Gerhana di wilayah arab(10) Api menyala di Yaman menghalau umat manusia ke mahsyar.”

Baca Juga:   Apakah Semua yang Bergelar Pahlawan itu Syahid?

Dan juga ada hadist yang diriwayatkan Ahmad bahwa Rasulullah bersabda “belum datangnya kiamat sehingga merajarela al-harju, para sahabat bertanya apa maknanya? Rasulullah menjawab: pembunuhan….pembunuhan….

Nah, sekarang banyak bermuncullan tanda2 sepeerti di atas seperti perang di Siria, irak, iran, mesir, dll . jadi apa yg terjadi di dunia saat ini kita Cuma bisa menerka-nerka dan tidak bisa mencap ini lah tanda2 kiamat.

Karena makna dari hadist Rasulullah SAW ini hakikatnya adalah zaman yng menentukan. Sekali lagi zaman yang menentukan atau zaman yg membuktikan hari kiamat (tentu dgn Izin Allah), nah begitu datang kiamat atau terjadi kiamat oooo ini kiamat yang dimaksud oleh hadist Rasulullah SAW.

Sehingga kita dgn tanda2 kiamat ini membuat kita menjadi was-was dan memperbanyak ibadah.

Kesimpulan yang bisa diambil di sini adalah kiamat itu ada pada sisi Allah. Kita sebagai Hamba Allah hanya dituntut untuk selalu optimis dalam hidup dan adapun tanda2 kiamat yg telah diajarkan Rasullulah menjadikan kita mesti was-was namun di lain pihak tidak membuat kita putus asa….

Just opinion
Wa allah u’alam…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here