Home Heboh Jawaban Bank Indonesia Tentang Logo PKI di Mata Uang Rupiah

Jawaban Bank Indonesia Tentang Logo PKI di Mata Uang Rupiah

502
0
SHARE

Setelah sebelumnya sempat heboh tentang logo yang menyerupai logo PKI pada beberapa mata uang rupiah, baca: Heboh, Rektoverso Rupiah Terlihat Seperti Logo PKI, Cek Uang Didompet Anda!. Bank Indonesia sebagai pengeluar desain dan cetakan uang rupiah mengklarisifikasi maksud dari gambar yang menyerupai logo tersebut. Berikut paparan Bank Indonesia;

Mengenal Tanda-Tanda di Uang Rupiah: Gambar Saling Isi (Rectoverso)

Untuk melindungi dari pemalsuan, setiap uang kertas Rupiah yang masih berlaku dilengkapi dengan berbagai unsur pengaman. Masyarakat dapat mengenali keaslian uang melalui ciri-ciri yang khas, baik dari bahan yang digunakan, desain dan warna, maupun teknik pencetakan uang. Salah satu ciri uang Rupiah adalah gambar saling isi, ataubiasa disebut Rectoverso.

Rectoverso adalah suatu teknik cetak khusus pada uang kertas yang membuat sebuah gambar berada di posisi yang sama dan saling membelakangi di bagian depan dan belakang. Apabila dilihat tanpa diterawang, gambar akan terlihat seperti ornamen yang tidak beraturan. Namun apabila diterawang, rectoverso akan membentuk sebuah gambar yang utuh.

Baca Juga:   Unggah Foto Ciuman, Akun Pemuda dan Pemudi ini Dihujat Ribuan Netizen

Jika diterawang, rectoverso pada uang Rupiah akan membentuk lambang BI (singkatan dari Bank Indonesia). Rectoverso tidak dirancang untuk membentuk atau dimaknai sebagai gambar atau simbol lain, selain lambang BI.

Dengan memahami unsur-unsur keamanan dalam uang, masyarakat dapat lebih mudah mengenali keaslian Rupiah. Yuk, kenali Rupiahmu!

Meskipun demikian, tidak disebutkan alasan kenapa yang terlihat logo menyerupai lambang PKI hingga masih menyebabkan banyak netizen bertanya-tanya, kenapa harus simbol atau logo mirip PKI yang ditonjolkan, kenapa bukan hurup B atau I saja…?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here