Home Kesehatan Awas, Meningitis Bisa Menyerang Siapa Saja!

Awas, Meningitis Bisa Menyerang Siapa Saja!

218
0
SHARE

Beberapa waktu lalu komedian Olga Syahputra meninggal dunia akibat menderita meningitis. Menurut laman resmi WHO, penyakit itu  disebabkan karena infeksi dari bakteri, virus maupun jamur.

Dikutip Mayo Clinic, Senin 30 Maret 2015, meningitis merupakan kondisi selaput (meninges) yang mengelilingi sistem saraf pusat, yaitu otak dan sumsum tulang belakang mengalami peradangan. Setelah itu, selaput tersebut akan membengkak.

Penyakit ini bisa saja membaik dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu. Namun, bisa juga menimbulkan komplikasi serius bila tidak dilakukan pengobatan.

Gangguan pendengaran, kerusakan otak, gagal ginjal dan risiko kejang dan kerusakan saraf permanen menjadi jenis komplikasi yang akan timbul bila penyakit ini dibiarkan dalam waktu lama.

Gejala dari penyakit meningitis ini dapat muncul dalam hitungan jam atau bahkan lebih dari satu atau dua hari. Siapa saja bisa berisiko meningitis, bahkan bayi yang baru saja dilahirkan.

Untuk usia dua tahun dan orang dewasa akan mengalami gejala seperti mendadak demam tinggi, sakit kepala parah tanpa sebab, leher kaku, mual, sulit konsentrasi, sensitif terhadap cahaya dan ruam kulit.

Baca Juga:   Banyak Anak Muda Kena Stroke, Waspadalah...

Sedangkan pada bayi tidak akan mengalami sakit kepala dengan gejala demam tinggi namun lebih sering menangis karena perasaan tidak nyaman, lesu, tubuh dan leher terasa kaku.

Pengobatan antibiotik diperlukan untuk mempercepat proses pemulihan dari penyakit ini. Disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter agar tidak berisiko jangka panjang. (Ism| Sumber: Dream.Co.Id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here