Home Informasi Ternyata Ini Fakta Ketombe Yang Belum Banyak Orang Tahu

Ternyata Ini Fakta Ketombe Yang Belum Banyak Orang Tahu

255
0
SHARE
Rambut Berketombe
Sumber: http://www.india.com/lifestyle/top-8-frequently-asked-questions-about-dandruff-answered-2167698/

Apa Anda sering mendapati serpihan-serpihan putih di bagian bahu pakaian Anda? Bisa jadi itu adalah tanda bahwa Anda harus segera mencoba sampo anti ketombe. Ketombe atau dandruff adalah masalah kulit kepala yang paling umum. Ketombe sebenarnya adalah kulit mati yang terkelupas di kulit kepala.

Ketombe bukanlah masalah baru, dan tak sedikit orang yang memiliki masalah ini secara konstan. Ketombe membuat Anda jadi tak nyaman mengenakan pakaian berwarna hitam. Selain itu, rasa gatal yang sering ditimbulkan juga bisa membuat Anda jadi terlihat tak profesional.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengetahui fakta tersembunyi dari ketombe membandel berikut ini.

1. Ketombe tidak disebabkan oleh kulit kepala kering

Jika kulit tubuh Anda kering dan terlihat pecah-pecah, Anda mungkin berencana untuk memberinya pelembab. Namun, hal ini tak berlaku untuk kulit kepala yang berketombe. Biasanya, ketombe justru disebabkan oleh kulit kepala yang terlalu berminyak.

Jessica Wu, seorang dermatolog dari Los Angeles menjelaskan kesalahpahaman ini, di mana banyak orang yang mengira ketombe adalah akibat dari kulit kepala yang kering. Padahal faktanya, ketombe mulai muncul ketika kulit kepala mengandung banyak minyak dan menyebabkan kulit mati di kepala lebih mudah terkelupas.

Baca Juga:   "Kami Kudeta Mursi, Karena Mursi Menghalangi Sex Bebas"

2. Kurangi Stres Maka Ketombe Akan Berkurang

Padatnya rutinitas kerap menimbulkan stres. Kondisi tersebut rupanya membuat tubuh rentan terkena sejumlah masalah. Salah satunya adalah rambut berketombe. Maka dari itu, luangkan sedikit waktu sekadar merelaksasi tubuh dan pikiran. Berkunjung ke beberapa destinasi wisata atau sekadar melakukan hobi di akhir pekan bisa menjadi solusinya.

3. Ketombe Bisa Diredakan dengan Bahan Alami

Gatal-gatal yang disebabkan oleh ketombe memang membuat diri merasa tidak nyaman. Untuk meredakannya, pulaskan minyak alami secara berkala. Misalnya saja minyak zaitun, rosemary oil atau pun minyak kelapa. Kandungan bahan di dalamnya juga ampuh dalam menutrisi kulit kepala. Dengan begitu, sel kulit kepala tetap lembap dan terhindar masalah kulit kepala kering yang kerap menjadi penyebab ketombe.

4. Ternyata Ketombe Juga Bisa Muncul Pada Kulit Tubuh Dan Wajah Anda

Serpihan putih yang biasa disebut ketombe tak hanya bisa muncul di kulit kepala, tetapi juga di tempat lain, seperti alis mata, telinga, hidung, atau tempat lain di mana kulit tubuh menghasilkan banyak minyak. Jika Anda mengalaminya, gunakan saja sampo anti ketombe pada bagian-bagian itu saat Anda keramas.

Baca Juga:   10 KIAT SUKSES REZEKI

5. Ketombe Bisa Jadi Lebih BanyakSsaat Musim Panas

Sudah banyak studi yang dilakukan untuk mencari tahu apakah musim dingin atau musim panas yang membuat ketomba jadi lebih banyak. Namun Fusco mengatakan, ia lebih sering melihat orang dengan permasalahan ketombe ketika cuaca lebih panas.

“Keringat ekstra pada musim panas yang bercampur dengan produksi sebum normal Anda akan menyebar ke seluruh penjuru kulit kepala. Ini karena produksi sebum ada di bawah kontrol hormon,” kata Fusco.

Campuran sebum dan keringat tadi akan menyebabkan minyak licin di kulit kepala Anda yang kemudian menciptakan lingkungan ideal untuk ketombe.

6. Sering Mengkonsumsi Makanan Bergizi Dapat Mengatasi Masalah Ketombe

Menyantap makanan bergizi yang mengandung vitamin B, zinc dan minyak esensial juga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe. Beberapa penganan yang memiliki kandungan tersebut seperti brokoli, bayam, daging sapi, udang, dan kacang panggang.

Ketiga jenis bahan itu dapat membantu sel kulit kepala. Selain itu juga dapat membuat rambut lebih sehat dan terhindar dari masalah rambut berketombe.

Baca Juga:   Hamas Berani Menantang Israel Tel Aviv Heran

Ketombe mungkin menjadi masalah yang tak terelakkan bagi banyak orang. Tidak hanya membuat kepala anda terasa gatal tetapi ketombe juga sangat menganggu aktivitas serta membuat anda kurang percaya diri.

Tetapi jangan putus asa dulu, dengan melakukan perawatan yang benar, memiliki produk perawatan rambut yang tepat, megkomsumsi makanan yang bergizi dan berolahraga secara teratur, anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada ketombe untuk selamanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here