Home News Siswa SMPIT Teuku Umar Antusias Ikuti Mukhayam Quran

Siswa SMPIT Teuku Umar Antusias Ikuti Mukhayam Quran

429
0
SHARE
Siswa SMPIT Teuku Umar Antusias Ikuti Mukhayam Quran.

Meulaboh 23/11/ 2018. Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Teuku Umar mengadakan Mukhayyam Quran yg sudah menjadi agenda setiap semester.

Kegiatan ini berlokasi di kompleks SMPIT yang berlangsung sejak jumat hingga sabtu sore.

Peserta Mukhayam Quran ini terdiri dari 44 peserta akhwat dan 33 peserta ikhwan. Mereka terbagi dalam tiga kategori.

Pertama, kategori tahsin yaitu khusus mengulang pelajaran tahsin untuk menyetarakan bacaan sesuai dengan tajwid yg benar.

Kedua, tahfidz yaitu para peserta yang dianggap telah lulus tahsin dan boleh melanjutkan hafalan dengan target 3 lembar.

Ketiga, kategori Talaqqi yaitu khusus menyetorkan ulang hafalan kepada guru/musyrif.

Acara ini diikuti dengan antusiannoleh para siswa/i, yang diawali dengan sholat dhuha. Setelah pembukaan dan pembagian kelompok, para peserta akhwat dan ikhwan langsung dipisah lolasi beserta musyrifnya.

Selain target perkategori, juga ada target umum yang akan dicapai dalam program ini. Yaitu tilawah sebanyak 2 juz selama acara berlangsung.

Dalam kesempatan ini dilaksanakan juga qiyamul lail dan shalat berjamaah secara terpisah antara akhwat dan ikhwan.

Kegiatan Mukhayam Quran ini juga diselingi dengan games dan olah raga. Acara ditutup dengan pemgumpulan nilai hingga muncullah juara terbaik akhwat dan ikhwan untuk masing masing kategori.

Kategori hafalan/tahfidz terbaik akhwat (fadilah khumaira) sebanyak 5 halaman,dan ikhwan (Arfa) sebanyak 5 halaman 10 baris. Adapun kategori murajaah akhwat terbaik sebanyak 1,2 juz (Durrah) dan ikhwan sebanyak 3 juz (Haris). Kegiatan ditutup dengan Almatsurat sore dan doa bersama.

Oleh, Nisa, Staf Program Tahfizh SMPIT Teuku Umar Meulaboh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here