Home Informasi Ayah Bunda Wajib Tahu Cara Efektif Menidurkan Bayi Tanpa Rewel

Ayah Bunda Wajib Tahu Cara Efektif Menidurkan Bayi Tanpa Rewel

167
0
SHARE
Cara Menidurkan Bayi

Ayah Bunda perlu tahu bagaimana cara menidurkan bayi di malam hari dengan cepat. Jangan sampai bayi rewel lantaran tak kunjung terlelap hingga mengganggu istirahat semua orang yang ada di rumah. Mari kita simak ulasan mengenai cara menidurkan bayi yang efektif di bawah ini.

Meskipun bayi yang baru lahir tidur 16 sampai 17 jam sehari, namun mereka akan terbangun dua sampai empat jam untuk setiap tidur siang atau malamnya, ini berlangsung selama beberapa minggu pertama sejak kelahiran. Ketika bayi berusia 6 sampai 8 minggu, mereka mulai tidur untuk waktu yang lebih singkat di siang hari dan waktu yang lebih lama di malam hari.

Bayi memiliki keunikan masing-masing dalam pertumbuhan dan perkembangnya, begitu pula dalam membiasakan waktu tidur dan cara yang digunakan untuk membuat bayi anda tertidur lelap.

Berikut adalah 10 cara menidurkan bayi di malam hari agar cepat terlelap:

1. Ciptakan Ritual tidur
Ciptakan ritual tidur yang menyenangkan untuk bayi, seperti membacakan buku cerita atau mengelus-elus kepalanya. Pijatan lembut pada tubuh bayi yang dilakukan sebelum tidur, mampu membuat bayi merasa nyaman dan membantu tidurnya lebih lelap.

Untuk melancarkan gerakan tangan saat memijat tubuh bayi, gunakan minyak khusus pijat bayi yang umumnya berfungsi sekaligus sebagai penghangat. Gosok dengan lembut wilayah kepala hingga ke leher.

2. Usahakan tidur siang di rumah
Setelah usia empat bulan, penting untuk mengusahakan bayi tidur di rumah. Ingatlah bahwa tidur siang memiliki fungsi yang sama pentingnya dengan tidur di malam hari.

Tidur di perjalanan tidak akan nyenyak, karena bersifat restoratif. Anda mungkin bisa mengatasinya, namun tidak dengan seorang bayi.

3. Mandi dulu dengan air hangat agar bayi tidur nyenyak
Bersihkan badan bayi sebelum tidur. Seka dengan air hangat agar tubuh bayi tidak lengket. Setelah mandi, biasanya bayi akan mudah tertidur dengan pulas. Sebab, rasa hangat akan memperlancar sirkulasi dan aliran darah.

Begitupun saat bersamaan, terjadi pelemasan sendi, jaringan dan otot, sehingga peredaran darah dapat bekerja secara baik. Bayi pun menjadi tenang dan nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here