Home Keluarga Ternyata Ini Yang Di Lakukan Agar Anak Menjadi Pintar

Ternyata Ini Yang Di Lakukan Agar Anak Menjadi Pintar

SHARE

Anak merupakan anugrah yang terindah yang di berikan oleh sang pencipta. Dan merupakan amanah yang harus kita jaga untuk kita pertanggung jawabkan kepada tuhan nantinya. Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh berkembang menjadi anak yang aktif dan pintar, harus di lakukan sejak dini, namun semua itu harus di dampingi peran serta orang tua secara maksimal dan ketelatenan dalam mendidik anak hingga cerdas dan pintar.

Memiliki anak yang pintar dan cerdas tidak hanya tergantung dari genetik yang diturunkan oleh orang tua akan tetapi cara mendidik dan melatih anak dalam belajar yang diterapkan dan diterima oleh anak adalah kunci utama anak dalam memahami dan menerapkan apa yang mereka dapatkan. Untuk itu cara mendidik yang baik adalah cara yang bisa dilakukan oleh orang tua, bukan dengan cara memaksa, membentak atau memarahi anak dalam belajar atau membebani pikiran anak.

Pendidikan pertama yang diterima oleh anak adalah pendidikan dari orang tua, dari dalam rumah, jika pendidikan dari orang tua baik maka dalam menempuh atau mencari ilmu di luar (di sekolah) maka anak akan lebih mudah memahaminya.

Baca Juga:   Inspirasi Menikah Hanya Modal 25.000 dan Menu Pisang Goreng + Teh Panas

Untuk itu cara melatih dan mendidik anak yang baik dan tepat adalah dengan menggunakan metode belajar yang menyenangkan, jangan membuat anak tegang saat belajar karena itu akan sia-sia, anak-anak akan lebih sulit dalam menerima dan menyerap apa yang mereka dapatkan. Asupan makanan juga sangat mempengaruhi bagi perkembangan otak anak,karna itu berilah makanan yang bergizi seimbang kepada anak seperti sayur, ikan, daging, buah-buahan, daging dan makanan yang mengandung protein tinggi.

Dan berikut cara yang telah di lakukan oleh penelitian ilmuwan anak,agar anak menjadi pintar dan aktif.

  • Berikan Asi, sudah banyak penelitian yang secara ilmiah dapat membuktikan bahwa ASI banyak mengandung gizi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan intelegensi (kecerdasan otak bayi). Berikan ASI eklusif pada anak sejak bayi.
  • Ajak Anak Berbicara/Berinteraksi, sejak masih bayi ajaklah anak berbicara sesering mungkin, menurut peneliti anak Dr. Jean Ashton asal Sydney University bahwa ketika kita berbicara dengan anak, anak juga akan berinteraktif dengan kita, walaupun si anak belum mengerti apa yang kita ucapkan, namun bayi akan menjadi pendengar yang budiman yang akan merespon apa yang kita bicarakan. Ketika dia mendengar kita berbicara, maka sel otak bayi yang akan berkembang menangkap melalui kemampuan intelegensi nya dan merangsang anak untuk merespon dengan menggunakan ekpresinya.
  • Ajak Anak Bermain, Bermain adalah metode paling ampuh untuk mempercepat proses belajarnya. Potensi sosialnya semakin berkembang dan dapat mengenali kemampuan minat dan bakat nya, juga kebutuhan emosionalnya.
  • Membacakan Cerita Untuknya, menurut pakar pendidikan Dr.Rosmarie, membacakan cerita untuk anak dapat membuat nya mencintai buku dan menambah pengetahuan nya dalam kosa kata serta mengembangkan keterampilan nya dalam berbahasa.
  • Belajar Musik , Anak yang belajar musik sangat mudah untuk meningkat kan pembelajaran otak kanan nya. Semakin banyak yang ia pelajari akan semakin nyata pula hasilnya. Selain itu hasil penelitian juga dapat membuktikan bahwa elajar musik dapat meningkat kan IQ anak dan prestasinya di sekolah. Pelatihan musik juga dapat mendorong pengembangan saraf-saraf yang tercermin di dalam pola tertentu pada gelombang otak anak.
Baca Juga:   Cara dan Teladan Rasulullah Dalam Mendidik Anak Usia 10 - 14 Tahun

Itulah salah satu cara agar anak menjadi pintar dan cerdas, dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar anak tumbuh kembang secara optimal, karna semua usaha yang di lakukan tidak akan berhasil tanpa Kuasa-nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here