Home Keluarga Tahukah Kamu,Makhluk Ini Selalu Tinggal Dan Betah Di Tempat Tidur Kamu...

Tahukah Kamu,Makhluk Ini Selalu Tinggal Dan Betah Di Tempat Tidur Kamu !!!

SHARE

Setelah lelah seharian beraktivitas hingga menjelang petang,istirahat dan tidur adalah hal yang kita tunggu untuk menghilangkan pegal di badan karna capek.Kasur adalah tempat ternyaman untuk melepas rasa lelah tersebut. Namun,sadar atau tidak ada makhluk lain yang telah menunggu kita di tempat tidur! Tungau salah satunya atau di sebut juga kutu kasur.

Tungau adalah salah satu hewan avertebrata yang memiliki banyak jenis dan mampu hidup serta beradaptasi di berbagai keadaan. Ukurannya yang sangat kecil membuat hewan ini kurang disadari keberadaanya oleh manusia. Selain itu, karena ukurannya yang kecil, hewan ini kurang mendapat perhatian predator, sehingga hewan mikroba ini dapat berkembang biak dengan sangat cepat. Tungau sangat halus tidak dapat di lihat mata, berukuran 0,05/0,1 milimicron sehingga baru bisa di lihat dari bawah mikroskop dengan pembesaran minimum 20x.

Keberadaan tungau di kasur biasanya menyerap cairan tubuh seperti keringat, darah, air seni, dan jadi tempat berkembang biak bakteri. Walaupun kebanyakan bakteri tersebut tidak berbahaya, menurut Tierno, beberapa bakteri dapat menyebabkan kondisi serius seperti gangrene (pembusukan atau kematian organ atau jaringan tubuh). Tungau mempunyai peran penting dalam mencetus alergi. Ada dua juta lebih tungau hidup di bantal, guling, kasur. Tungau hidup dari serpihan sel-sel kulit mati manusia dan udara yang lembab .Berterbangan di tempat tidur waktu kita bergerak. Kulit yang di lepaskan sewaktu pergantian stadium metamorposis dan sekresi tubuh tungau dapat menjadi alergen, yang menyebabkan alergi.

Baca Juga:   Bu, Anakmu Sangat Membutuhkan ASI Dan Allah Telah Menjajikan Pahala Besar Bagi Ibu Yang Menyusui Anaknya

Pipih dan kecil bukan menjadi alasan bagi tungau untuk sulit dideteksi. Pada tempat tidur yang dihuni oleh serangga ini, biasanya ada bercak-bercak hitam pada permukaan tempat tidur. Bercak-bercak hitam ini adalah kotoran kutu yang sudah mengering dan menempel pada tempat tidur. Kulit kering berwarna kecoklatan yang menumpuk pada suatu bagian dari tempat tidur menjadi ciri lain pada kasur yang dihuni oleh serangga kecil ini.

Tungau ini juga akan menggigit bagian kulit yang terekspos pada manusia, bisa jadi di wajah, tangan, kaki, punggung, dan bagian lainnya. Perbedaan mendasar antara gigitan dari kutu dan nyamuk adalah tungau cenderung menggigit dengan suatu pola garis lurus, sedangkan nyamuk cenderung acak dalam menghisap darah manusia.

Bercak darah pada permukaan tempat tidur juga dapat mengindikasikan adanya tungau atau kutu kasur yang hidup. Darah ini ada karena kutu terhimpit badan manusia sehingga tubuhnya remuk hancur.

Bau yang menyengat dari tempat tidur adalah salah satu ciri juga, namun dirasa kurang membantu dalam pelacakan. Kutu kasur dewasa akan mengeluarkan bebauan dari tubuhnya. Namun, bebauan itu hanya dapat tercium oleh manusia dalam jumlah banyak. Maka dari itu, jika tempat tidur Anda sudah mulai berbau, bukan hanya dihuni oleh satu koloni kecil kutu kasur, mungkin sekarang kutu kasur dalam tempat tidur Anda sedang membuat kerajaan.

Baca Juga:   Ini Cara Ajarkan Anak Hafal Quran

Gejala Alergi tungau antara lain :

  • Bersin-bersin ketika bangun tidur.
  • Hidung tersuumbat dan berair berkepanjangan menyebabkan sinustisis.
  • Sesak nafas yang menyebabkan asma.
  • Bintik-bintik atau bercak merah atau gatal-gatal pada kulit.
  • Mata berair, merah atau berasa gatal.

Cara membasminya dapat di terapkan  seperti dengan mematikan lampu kamar di pagi hari dan menyalakan lampu kamar di malam hari ternyata tidak dapat mengecoh kutu kasur. Kutu akan menyesuaikan jatah makan malamnya dengan waktu tidur manusia. Jadi walaupun Anda pikir serangga ini nocturnal atau hanya hidup di malam hari, nyatanya Anda salah besar. Penggunaan losion antinyamuk juga dirasa tidak efektif dalam mengatasi gigitan kutu.

Penggunaan vacum cleaner untuk menyedot habis tungau dan telurnya dapat dilakukan. Namun, dibutuhkan usaha yang tidak instan. Penggunaan insektisida khusus kutu kasur lebih dapat membasmi kutu kasur secara efektif. Tapi hati-hati, insektisida yang digunakan secara berlebih dapat membuat kutu kasur menjadi lebih kebal, sehingga lebih sulit untuk membasmi mereka di kemudian hari. Penguapan dan pembekuan dapat menjadi alternatif efektif lain untuk membasmi kutu ini. Namun, kedua hal tersebut memerlukan alat yang biasanya dimiliki oleh para pembasmi serangga yang jasanya perlu kamu sewa dan tetap menggunakan pakaian bersih ketika hendak tidur.

Baca Juga:   Awas !!!! Makanan Yang Sering Jadi Menu Kesukaan ini, Ternyata Bisa Mengundang Kanker Serviks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here