Home Informasi Pantesan Jerawatnya Makin Banyak, Eh Ternyata Kesalahan Mencuci Muka Penyebab Utamanya

Pantesan Jerawatnya Makin Banyak, Eh Ternyata Kesalahan Mencuci Muka Penyebab Utamanya

SHARE
Kesalahan Mencuci Muka
Sumber: https://magazine.job-like.com/kesalahan-mencuci-muka/

Pernah merasakan bingung kenapa wajah kita selalu kusam, jerawat tidak hilang-hilang, berkomedo atau lain sebagainya? Padahal kita sudah rutin untuk membersihkan wajah kita setiap hari. Hm, coba kalian cek lagi sudah benar atau belum cara membersihkan wajah kalian?

Mencuci muka adalah salah satu ritual paling sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya, tetap saja banyak dari kita yang masih salah dalam melakukannya. Ya, Anda mungkin tak tahu, tapi mencuci muka jika dilakukan sembarangan justru malah berpotensi merusak kulit atau bahkan membuat jerawatan.

Berikut 7 kesalahan dalam melakukan ritual cuci wajah sehari-hari.

1. Terlalu sering mencuci muka
Cuci muka berkali-kali dapat membuat wajah menjadi lebih bersih? Salah. Semakin sering Anda mencuci muka justru akan membuat kulit iritasi dan merangsang produksi minyak berlebih (sebum).

Batasi ritual cuci muka cukup 2 kali sehari, pagi dan malam hari. Jika Anda hanya beraktivitas dalam ruangan, tidak memakai makeup, dan tidak berkeringat terlalu banyak, cukup bilas muka dengan air hangat di malam hari.

Baca Juga:   Telat Menikah Yang Dipaksakan

Apakah ini berarti Anda boleh bolos cuci muka di pagi hari? Tentu tidak. Ketika Anda tidur, kulit wajah Anda melakukan ritual pembersihan diri, mendorong limbah dan kotoran sisa keluar melalui kelenjar keringat dan pori-pori. Tetap ada residu sampah yang tersisa pada kulit Anda di pagi hari. Jadi ya, Anda harus mencuci muka dua kali sehari.

2. Terlalu terburu-buru Dalam Mencuci Muka
Mencuci muka dengan terburu-buru tidak efektif untuk menyingkirkan kotoran dan minyak di wajah. Idealnya, mencuci mukan harus dilakukan dalam dua menit. Fokuskan pijatan di area yang cenderung berminyak, seperti di sekitar hidung dan dahi.

3. Menggunakan suhu air yang salah
Sebagian besar orang menggunakan air panas untuk membuka pori-pori dan air dingin untuk menutup pori-pori. Namun, sebenarnya pori-pori tidak memiliki otot untuk membuka dan menutup sehingga tidak perlu melakukan hal ini karena penggunaan air panas justru dapat membuat kulit wajah iritasi dan kering.

Oleh karena itu, tinggalkanlah kebiasaan ini dan gantilah dengan cara mencuci muka yang benar yakni mengganti air panas dengan air hangat agar lebih aman untuk kulit wajah.

Baca Juga:   Ingin Liburan Dengan Biaya Murah,Simak Tips Nya

4. Sembarang pilih produk
Banyak orang yang tidak memperdulikan produk cuci wajah yang digunakan. Sebagian besar di antara mereka menggunakan produk yang diiklankan di TV atau sekedar rekomendasi dari teman.

Namun, pemilihan produk yang sembarangan dan tidak sesuai dapat menimbulkan masalah kulit wajah seperti minyak berlebih, flek hitam, jerawat, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kamu harus mengenali jenis kulit dengan baik baru kemudian mencari produk cuci wajah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah.

Pembersih muka yang baik adalah pembersih yang dapat menghilangkan sisa make up, debu yang menempel, dan menghilangkan kotoran pada wajah. Inilah kesalahan saat mencuci muka pakai sabun dengan sembarangan.

5. Mencuci muka dengan telapak tangan yang kotor
Setiap harinya telapak tangan adalah bagian kulit yang paling sering melakukan kontak dengan berbagai macam benda. Kita tidak tahu benda yang sudah kita pegang itu memiliki berbagai macam kotoran dan bakteri dan itu semua berkumpul di telapak tangan kita.

Baca Juga:   6 Manfaat Menikah di Usia Muda

Jika kamu membersihkan wajah tanpa membersihkan telapak tangan terlebih dahulu itu sama saja kamu sedang memindahkan semua kotoran dan bakteri yang ada di telapak tangan ke wajah kamu. Maka dari itu pastikan untuk membersihkan telapak tangan terlebih dahulu sebelum kamu membersihkan wajah ya.

6. Membilas secara terburu-buru
Sebagaimana dengan mandi kilat dan pastinya tidak akan baik karena hal ini tidak akan efektif dalam menghilangkan minyak dan kotoran yang ada pada wajah. Agar kulit wajah tetap prima maka luangkan waktu minimal dua menit untuk mencuci wajah dengan benar.

Berikan pijatan lembut pada bagian dahi dan hidung yang biasanya lebih banyak memproduksi minyak. Tips yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan milk cleanser dengan mengusapkannya secara perlahan dan melingkar ke atas di seluruh wajah. Lakukan cara ini sekitar tiga puluh detik untuk memecah sisa make up dan minyak.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here