SHARE

bank-acehWakil Ketua MPU Aceh Teungku H Faisal Ali mengatakan penggunaan jasa Bank Aceh yang masih menggunakan sistem konvensional (bunga tambahan) hukumnya adalah riba. Menurutnya Pemerintah Aceh beberapa hari lalu telah menyepakati peralihan sistem Bank Aceh dari konvensional ke syariah.

Penerapan sistem itu akan dilakukan mulai dari pusat Bank Aceh hingga ke cabang di seluruh pelosok Aceh. Lem Faisal, sapaan akrab Teungku Faisal Ali berharap program tersebut dapat berjalan di 2015 ini.

“Nota kesepahaman pengalihan Bank Aceh dengan sistem konvensional ke Bank Aceh dengan sistem syariah sudah disepakati oleh eksekutif dan legislatif Aceh. Kita harapkan ini segera dapat diwujudkan,” kata Teungku H. Faisal Ali saat ditemui portalsatu.com di Takengon dalam rangka kunjungan kerjanya ke Aceh Tengah.

Dia mengatakan selama Bank Aceh masih menggunakan konvensional maka hukumnya tetap dalam keadaan riba sesuai ketentuan Islam.

“Dasar hukum tetap masih riba. Cuma kita bersama memohon kepada sang Khaliq agar mengampuni kita semua karena kita sudah mempunyai niat untuk membenah diri dari penggunaan sistem konvensional ke syariah,” katanya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY