Home Informasi Ayah Bunda Wajib Tahu Cara Efektif Menidurkan Bayi Tanpa Rewel

Ayah Bunda Wajib Tahu Cara Efektif Menidurkan Bayi Tanpa Rewel

SHARE
Cara Menidurkan Bayi

Ayah Bunda perlu tahu bagaimana cara menidurkan bayi di malam hari dengan cepat. Jangan sampai bayi rewel lantaran tak kunjung terlelap hingga mengganggu istirahat semua orang yang ada di rumah. Mari kita simak ulasan mengenai cara menidurkan bayi yang efektif di bawah ini.

Meskipun bayi yang baru lahir tidur 16 sampai 17 jam sehari, namun mereka akan terbangun dua sampai empat jam untuk setiap tidur siang atau malamnya, ini berlangsung selama beberapa minggu pertama sejak kelahiran. Ketika bayi berusia 6 sampai 8 minggu, mereka mulai tidur untuk waktu yang lebih singkat di siang hari dan waktu yang lebih lama di malam hari.

Bayi memiliki keunikan masing-masing dalam pertumbuhan dan perkembangnya, begitu pula dalam membiasakan waktu tidur dan cara yang digunakan untuk membuat bayi anda tertidur lelap.

Berikut adalah 10 cara menidurkan bayi di malam hari agar cepat terlelap:

1. Ciptakan Ritual tidur
Ciptakan ritual tidur yang menyenangkan untuk bayi, seperti membacakan buku cerita atau mengelus-elus kepalanya. Pijatan lembut pada tubuh bayi yang dilakukan sebelum tidur, mampu membuat bayi merasa nyaman dan membantu tidurnya lebih lelap.

Baca Juga:   Ini Doanya! Agar Suami Mendapat Pekerjaan Yang Layak Dan Diberkahi Allah SWT

Untuk melancarkan gerakan tangan saat memijat tubuh bayi, gunakan minyak khusus pijat bayi yang umumnya berfungsi sekaligus sebagai penghangat. Gosok dengan lembut wilayah kepala hingga ke leher.

2. Usahakan tidur siang di rumah
Setelah usia empat bulan, penting untuk mengusahakan bayi tidur di rumah. Ingatlah bahwa tidur siang memiliki fungsi yang sama pentingnya dengan tidur di malam hari.

Tidur di perjalanan tidak akan nyenyak, karena bersifat restoratif. Anda mungkin bisa mengatasinya, namun tidak dengan seorang bayi.

3. Mandi dulu dengan air hangat agar bayi tidur nyenyak
Bersihkan badan bayi sebelum tidur. Seka dengan air hangat agar tubuh bayi tidak lengket. Setelah mandi, biasanya bayi akan mudah tertidur dengan pulas. Sebab, rasa hangat akan memperlancar sirkulasi dan aliran darah.

Begitupun saat bersamaan, terjadi pelemasan sendi, jaringan dan otot, sehingga peredaran darah dapat bekerja secara baik. Bayi pun menjadi tenang dan nyaman.

4. Kenakan pakaian nyaman agar bayi tidur lelap
Kenakan pakaian yang nyaman, seperti yang berbahan kaus atau katun yang mudah menyerap keringat. Pastikan ukurannya pas, tidak kelewat besar atau kecil. Hindari pakaian berbahan sintetis karena tidak menyerap keringat.

Baca Juga:   Bu, Anakmu Sangat Membutuhkan ASI Dan Allah Telah Menjajikan Pahala Besar Bagi Ibu Yang Menyusui Anaknya

5. Pasang kelambu agar bayi tidur nyenyak
Bayi mana yang dapat tidur nyenyak bila banyak nyamuk beterbangan dan menggigiti kulit lembutnya. Untuk itu, upayakan ruangan yang digunakan untuk tidur terbebas dari nyamuk. Atau, manfaatkan kelambu khusus untuk bayi sebagai pelindung.

6. Atur pencahayaan ruangan
Di usia yang cukup, kegelapan akan memicu produksi melatonin yang bisa membuat seorang bayi mengantuk. Sekitar usia empat bulan, bayi akan lebih waspada dan sadar dengan lingkungan sekitar. Memastikan ruangan gelap akan membuat bayi tidur lebih mudah dan lebih baik.

7. Putarkan Musik
Putarkan musik pengantar tidur yang lembut seperti lullaby atau musik klasik. Lagu-lagu rohani yang lembut juga pas sebagai pengantar tidur. Kalau tidak mau repot, orangtua dapat bersenandung seperti menyanyikan lagu Nina Bobo sambil digendong.

Tapi ingat biasakan agar bayi tak tidur dalam gendongan. Ketika sudah hampir tertidur, letakkan di tempat tidur. Jika menangis, angkat lagi. Lalu tidurkan kembali. Kesabaran orangtua disini sangat dibutuhkan untuk melatih agar bayi nantinya dapat tidur sendiri atau kembali tidur setelah terbangun.

Baca Juga:   Penjelasan Al-Quran Surat An-Nisa' Ayat Ketiga dan Keempat Tentang Pernikahan

8. Beri Kecupan Tidur
Saat anda menidurkan bayi anda, anda dapat memberkan kecupan sebagai tanda kasih sayang. Tegaskan rasa aman yang anda berikan, bahwa anda akan tetap ada di sampingnya meskipun tidak tepat disampingnya. Jika bayi menagis tak lama setelah diberi ciuman anda dapat menepuk-nepuk pantat atau dadanya dengan lembut dan memberikan ciuman kembali.

9. Jangan biarkan bayi berjuang sendiri
Tidak masalah untuk memberikan bayi Anda latihan tidur di usia berapapun. Bahkan jika bayi Anda belum bisa tidur sendiri di tempat mereka, biarkan mereka menghabiskan beberapa saat yang sama setiap hari untuk membiasakan diri.

10. Sapa saat ia terbangun
Jangan lupa saat dia terbangun sapa, ajak senyum, dan minta ia untuk tidur lagi dengan menepuk dan membelai. Jangan ajak bayi bermain dan membuat suara gaduh. Dengan demikian, lambat laun ia akan belajar membedakan kapan waktunya tidur, dan kapan ia bisa bermain.

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here